Call Center : 0283 - 340861

 SOP MEDIS/DOKTER

 

Dasar Hukum : Undang - undang No 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran

                        : Undang - undang No 8 Tahun 1999 Tentang Konsumen

SOP

  1. Pasien melakukan pemesanan Online
  2. Admin Homker melakukan registrasi pasien
  3. Dokter dan Pasien melakukan komunikasi Online untuk menentukan konsultasi Via Chatting dan menentukan kesepakatan kunjungan di lokasi (rumah/Posisi pasien)
  4. Team visite Homker bisa mandiri dan atau bersama profesi lain yang sepaket layanan sesuai kompetensi masing-masing.
  5. Pemeriksaan dan tindakan layanan Homker harus mendapat persetujuan dahulu dari pasien/  Wali pasien (Inform concen ) kecuali kedaruratan sebagai tindakan penyelamatan jiwa yang diatur sesuai ketentuan yang berlaku.
  6. Tenaga medis/tim melakukan pemeriksaan dan tindakan medis / sesuai kompetensinya.
  7. Hasil diagnosis, pemeriksaan dan tindakan harus  masuk medical record pasien melalui Admin.
  8. Pasien /wali pasien melakukan pembayaran sesuai layanan yang telah di terima.
  9. Layanan Homker selesai dan provider Homker melakukan pemantauan sampai berakhirnya seluruh proses layanan. Selesai.

          1  : Pemesanan

          2  : Entry data/record

          3  : Selesai (layanan dan Administrasinya)

 

SOP ANALIS

 

Dasar Hukum     : Undang - undang No 36 Tahun 2014 Tentang Kesehatan

 

SOP

  1. Pasien melakukan pemesanan Online
  2. Admin Homker melakukan registrasi pasien
  3. Analis dan Pasien melakukan komunikasi Online Konsultasi terbatas, rencana pengambilan sampel rujukan medis (bila perlu),rujukan laboratorium.
  4. Analis melakukan home visite ke pasien dan pengambilan sampel :
  1. Pengambilan sampel
  2. Konsultasi
  3. Penyerahaan hasil laboratorium
  4. Rujukan medis
  5. Rekomendasi terkait hasil uji laboratorium
  6. Paket pemeriksaan rutin tiap 6 bulan untuk pasien usia > 40 th
  7. Paket pemeriksaan diet kolaborasi Gizi
  8. Penyampaian hasil
  • Medis –diagnosis terapi
  • Apoteker—validasi terapi pengobatan pasien
  1. Hasil pemeriksaan uji sampel di entry di data base Homker.
  2. Pasien melakukan pembayaran sesuai pemeriksaan laboratorium yang di terima.
  3. Layanan Analis selesai dan provider Homker wajib melakukan pemantaunan sampai berakhirnya seluruh proses layanan selesai.

 

NB : MOU dengan laboratorium (labkesda)

  • Prodia, Paramitha, Cito, dll.

SOP BIDAN

 

Dasar Hukum :  Undang - undang No 36 Tahun 2014 Tentang Kesehatan

  Undang - undang No 4 Tahun 2019 Tentang Kebidanan

 

SOP

  1. Pasien melakukan pemesanan Online
  2. Admin Homker melakukan regristrasi pasien.
  3. Bidan dan pasien melakukan komunikasi Online konsultasi terbatas, rencana tindakan asuhan Kebidanan rujukan medis (bila perlu) kebutuhan obat dan BMHP baik apoteker.
  4. Bidan melakukan home visit ke pasien dan melakukan praktek asuhan kebidanan.
  • Konsultasi kebidanan
  • Pemeriksaan kehamilan
  • Persalinan (kolaborasi atau rujukan)
  • Asuhan kebidanan pasca persalinan
  • Pemasangan kotraspsi (kolaborasi/rujukan)
  1. Hasil layanan kebidanan dan obat serta BMHP dientry di data base HOMKER
  2. Pasien melakukan pelayanan sesuai layanan kebidanan yg diterima.
  3. Layanan HOMKER selesai dan proveder HOMKER wajib melakukan pemantauan sampai berakhirnya seluruh proses layanan selesai.

 

NB :   Pelayanan yang tidak di entry dan atau tidak sesuai prosedur ataupun melampaui kewenangan tidak akan mendapat perlindungan hukum bila terjadi komplain dan mendapat sanksi administrratif.

 

SOP NUTRISIONST

 

Dasar Hukum : Undang - undang No 36 Tahun 2014 Tentang Kesehatan

 

SOP

  1. Pasien melakukan pemesanan Online Homker
  2. Admin Homker melakukan registrasi pasien
  3. Nutrisionist dan pasien melakukan komunikasi Online, konsultasi gizi terbatas, rujukan medis rekomendasi Apoteker untuk terapi.
  4. Nutrisionist / Ahli Gizi melakukan home visite ke pasien
  • Konsultasi gizi
  • Pendampingan nutrisi klinis
  • Paket diet
  • Pendampingan tumbuh kembang anak (nutrisi seimbang)
  • Nutrisi
  1. Hasil pelayanan di entry di data base Homker
  2. Pasien melakukan pembayaran sesuai layanan gizi yang diterima.
  3. Layanan Homker selesai dan provider Homker wajib melakukan pemantauan sampai berakhirnya seluruh proses layanan selesai.

NB :

            Perlu – MOU dengan kantin sehat

            MOU produsen makanan/minuman wajib mencantumkan nilai gizi.

                                                                                                                        Acc. Nutrisiont

 

SOP APOTEKER

 

DASAR HUKUM      : Peratutran Pemerintah No 51 Tahun 2009 Tentang Kefarmasian

                                      Undang - undang No 8 Tahun 1999 Tentang Konsumen

 

SOP

  1. Pasien melakukan pemesanan Online
  2. Admin Homker melakukan registrasi pasien
  3. Apoteker dan pasien melakukan komunikasi online bisa komunikasi terbatas, order obat bebas/ bebas terbatas. Rujukan medis untuk obat keras dan menentukan waktu kunjungan ke rumah /lokasi.
  4. Apoteker melakukan home visite ke pasien dan melakukan pelayanan kefarmasian.
  • Konsultasi obat
  • Farmasi klinik ( data lab klinik)
  • Penyerahan  obat
  • Pemantauan efek terapi/efek samping sampai terapi selesai
  • Pemantauan status akhir pengobatan
  • Interaksi obat
  • Menawarkan paket obat Homker mandiri
  • Nutrisi pendukung dan penghambat terapi.
  1. Hasil layanan kefarmasian dimasukan / etry data base Homker (layanan 1,2,3 )
  2. Pasien /costemer melakukan pembayaran sesuai layanan dan produk farmasi yang diterima.
  3. Layanan Homker selesai dan provider Homker melakukan pemantauan sampai berakhirnya seluruh proses layanan selesai.

 

SOP SANITARIAN

 

DASAR HUKUM      : Undang - undang No 36 Tahun 2014 Tentang Kesehatan

 

SOP

  1. Pasien melakukan pemesanan Online
  2. Admin Homker melakukan registrasi pasien
  3. Sanitarian  dan Costumer komunikasi Online penyampaian kondisi higiene sanitarian, person/ruang/ lingkungan
  4. Sanitarian /kesling melakukan home visite ke costumer
  • Konsultasi hygiene sanitasi
  • Observasi objek (person, ruang/alat)
  • Uji petik/usap/sampel objek
  • Treatment pembersihan dan atau sterilisari
  • Uji petik hasil treatmet
  • Uji hasil treatment telah sesuai dengan standart bersih dan sreril sesuai ketentuan.

 

  1. Hasil uji petik sebelum dan sesudah treatment di entry di data base homker.
  2. Costumer melakukan pelayanan sesuai dengan jasa yang telah diterima
  3. Layanan sanitarian selesai.

 

SOP ATEM

 

DASAR HUKUM      : Undang - undang No 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan

                                      Undang - undang No 36 Tahun 2014 Tentang Kesehatan

SOP

  1. Pasien melakukan pemesanan Online
  2. Admin Homker melakukan registrasi pasien
  3. Tenaga ATEM melakukan komunikasi Online dengan costemer berupa konsultasi, order alkes dan menyepakati jadwal waktu kunjungan.
  4. Tenaga Atem melakukan home visite ke costemer dengan pelayanan.
  • Jasa pelatihan alkes sederhana
  • Jasa maintenen alkes
  • Jasa kalibrasi alkes ( kolaborasi/MOU dengan lelangan kalibarsi)
  • Jasa peminjaman alkes ke pasien (MOU dengan PaK)Paket
  • Jasa penjualan alkes (MOU dengan PAK)
  1. Hasil layanan jasa dan atau penjualan Alkes di entry ke data base Homker.
  2. Costomer/pasien melakukan pembayaran sesuai layanan yang diterima.
  3. Layanan Alkes selesai dan tetap melakukan pemantauan sesuai kesepakatan yang disetujui kedua belah pihak.

 

 

SOP PERAWAT

 

DASAR HUKUM      : Undang - undang No 28 Tahun 2014 Tentang Keperawatan

                                    Undang - undang No 36 Tahun 2014 Tentang Kesehatan

SOP

  1. Pasien melakukan pemesanan Online
  2. Admin Homker melakukan registrasi pasien
  3. Perawat dan pasien melakukan komunikasi Online/asuhan konsultasi terbatas,rencana tindakan/keperawatan rujukan medis, kebutuhan BMHP dan obat link Apoteker, rujukan medis untuk tindakan kolaborasi (kitan/sunat)
  4. Perawat melakukan home visite ke pasien dan melakukan layanan keperawatan.
  • Tanda tangan infrom concen persetujuan pasien
  • Perawatan luka
  • Perawatan pasca operasi
  • Perawatan geniatri/manula
  • Perawatan pasien kronis
  • Perawatan lainnya sesuai kompentensi.
  1. Hasil layanan keperawatan dan BMHP di entry di data base HOMKER
  2. Pasien/costomer melakukan pembayaran sesuai layanan keperawatan yang di terima.
  3. Layanan HOMKER selesai dan provide HOMKER melakukan pemantauan sampai berakhirnya seluruh proses paket layanan selesai.

NB :    Pelayanan yang tidak di entry dan tidak sesuai prosedur/melalui provider kewenangan tidak akan mendapat perlindungan hukum bila terjadi komplain dan mendapat sanksi administratif.

 

SOP THERAPIS

 

Dasar Hukum : Undang - undang No 36 Tahun 2014 Tentang Kesehatan

                        :

SOP

  1. Pasien melakukan pemesanan Online
  2. Admin Homker melakukan registrasi pasien
  3. Therapist dan pasien melakukan komunikasi online untuk konsultasi via chatting dan melakukakan kesepakatan kunjungan ke rumah/ lokasi pasien.
  4. Therapist melakukan kunjungan ke rumah dan melakukann pelayanan therapist.

Pelayanan therapist bisa dengan ramuan/tanpa ramuan obat tradisional yang dapat diperhitungkan termasuk layanan therapist secara keseluruhan.

  • Jenis layanan therapist ada modern,
  • Tradisional fisioterapi dan massage
  1. Hasil layanana di entry di data base Homker
  2. Customer melakukan pembayaran sesuai layanan yang diterima (termasuk ramuan tradisonal bila ada).
  3. Layanan Homker selesai dan provider Homker wajib memantau atas hasil layanan yang diberikan.

 

SOP KECANTIKAN

 

Dasar Hukum              : Undang - undang No 36 Tahun 2014 Tentang Kesehatan

 

SOP

  1. Pasien melakukan pemesanan Online
  2. Admin Homker melakukan registrasi Coustemer
  3. Ahli kecantikan melakukan komunikasi online dengan costoer, konsultasi perawatan kecantikan rujukan medis bila perlu kolaborasi dengan apoteker untuk produk kecantikan yang terjamin mutunya.
  4. Ahli kecantikan melakukan layanan kunjungan menyepakati jadwal kunjungan home visite yang meliputi.
  • Konsultasi kecantikan
  • Tindakan yang mengkondisikan di rumah
  • Tata rias dan busana (MOU dengan salon kecantikan )
  • Penjualan produk kosmetik terjamin mutunya.(kolaborasi dengan apoteker)
  • SPA dan massage consumen (Baby Spa)
  • Skin care (kolaborasi dengan dr kulit)
  1. Hasil layananan di entry di data base Homker
  2. Costomer melakukan pelayanan sesuai layanan yg diterima.
  3. Layanan Homker selesai dan provedir Homker wajib melakukan pemantauan atas layanan yang diberikan.